SELAMAT DATANG DI WAJAH KONSELING KREATIF

Data Siswa

0

Posted by mohamad awal lakadjo | Posted in | Posted on 06.07


DATA KELOMPOK
PERSENTASE HASIL NEED ASSESMENT SISWA
SEKOLAH  : SMP NEGERI 1 BOLANGO UTARA
KELAS             : VIII
JLH SISWA                   : 40
  TGL MENGISI       : ENGISI       : 6 JANUARI 2012
NO PERNYATAAN MASALAH RIBADI F %
1 Sering sakit kepala. 26 65
2 Mengidap penyakit kronis. 15 38
3 Memiliki gangguan pendengaran. 1 3
4 Mamiliki gangguan penglihatan. 1 3
5 Mesara rendah diri dengan wajah yang kurang cantik/cakap. 8 20
6 Merasa malas untuk beribadah. 10 25
7 Sulit meninggalkan kebiasaan minum minuman keras. 1 3
8 Mudah putus asa (frustasi) apabila mengalami kegagalan. 9 23
9 Punya keinginan (cita-cita) yang kurang sesuai dengan kemampuan. 16 40
10 Merasa ingin bunuh diri apabila menghadapi masalah. 1 3
ca
NO. PERNYATAAN MASALAH SOSIAL F %
11 Merasa rendah diri bergaul dengan orang lain. 4 13
12 Merasa lbih senang mnyendiri. 7 23
13 Merasa disisihkan teman-teman. 7 23
14 Kurang dapat menyatakan pendapat pada saat diskusi 18 58
15 Merasa malu berbicara didepan orang banyak. 19 61
16 Merasa rendah diri karena tidak punya pacar. 4 13
17 Punya kawan yang perilakunya kurang baik. (berkelakuan buruk) 22 71
18 Merasa pesimis untuk menyelesaikan sekolah karena masalah ekonomi orang tua yang kurang mendukung. 0 0
19 Merasa kurang mendapat kasih sayang (perhatian) orang tua. 3 10
20 Kurang betah di rumah kerana orang tua sering bertengkar. 5 16
NO. PERNYATAAN MASALAH BELAJAR F %
21 Kurang dapat bekonsentrasi dalam belajar. 17 55
22 Merasa sulit untuk memehami materi pelajaran. 17 55
23 Kurang dapat mengatur waktu untuk belajar. 22 71
24 Merasa malas untuk membaca buku- buku yang diwajibkan. 10 32
25 Merasa malas untuk mengerjakan tugas-tugas. 5 16
26 Kurang memiliki keterampilan belajar. 10 32
27 Kurang memahami cara-cara membuat makalah. 32 103
28 Merasa kurang senang terhadap mata pelajaran tertentu. 29 94
29 Merasa kurang senang terhadap cara guru mngajar. 10 32
30 Merasa kurang betah belajar, karena siakap para guru mengajar. 8 26
NO. PERNYATAAN MASALAH KARIR F %
31 Kurang memahami tujuan sekolah. 5 16
32 Masi ragu untuk melanjutkan studi. 5 16
33 Merasa pesimis terhadap masadepan. 2 6
34 Program studi yang saya ikuti kurang sesuai dengan pekerjaan yang saya cita-citakan. 11 35
35 el 26 84
36 Merasa cemas untuk mendapatkan pekerjaan dalam suasana yang kompetitif (banyak saingan). 18 58
37 Saya merasa kecewa setelah tahu bahwa lapangan kerja untuk lulusan program studi yang saya masuki sangat langka. 0 0
38 Masih belum memiliki pilihan yang pasti tentang pekerjaan yang akan saya masuki. 9 29
39 Belum memilki wawasan tentang prospek lapangan kerja di masa depan. 25 81
40 Saya merasa kurang senang terhadap jenis pekerjaan yang akan saya jalani etelah lulus dari program studi. 10 32

Laporan Hasil Kebutuhan Siswa

0

Posted by mohamad awal lakadjo | Posted in | Posted on 06.01


DATA KELOMPOK
PERSENTASE HASIL KEBUTUHAN ASSESMENT SISWA

Nama Sekolah                :         SMP Negeri 1 Bolango Utara
Kelas                     :         VIII
Jumlah Siswa       :         40 Orang

Dibawah ini terdapat beberapa pernyataan masalah pribadi yang sangat tinggi, yaitu :
1)   Sering sakit kepala, dengan jumlah presentase 65%
2)   Punya keinginan (cita-cita) yang kurang sesuai dengan kemampuan, dengan jumlah presentase 40%
3)   Mengidap penyakit kronis, dengan jumlah presentase 38%



DATA KELOMPOK
PERSENTASE HASIL KEBUTUHAN ASSESMENT SISWA

Nama Sekolah                :         SMP Negeri 1 Bolango Utara
Kelas                     :         VIII
Jumlah Siswa       :         40 Orang

Dibawah ini terdapat beberapa pernyataan masalah pribadi yang sangat tinggi, yaitu :
1)   Punya kawan yang prilakunya kurang baik (berkelakuan buruk), dengan jumlah presentase 71%
2)   Merasa malu berbicara didepan orang banyak, dengan jumlah presentase 61%
3)   Kurang dapat menyatakan pendapat pada saat diskusi, dengan jumlah presentase 58%

DATA KELOMPOK
PERSENTASE HASIL KEBUTUHAN ASSESMENT SISWA

Nama Sekolah                :         SMP Negeri 1 Bolango Utara
Kelas                     :         VIII
Jumlah Siswa       :         40 Orang

Dibawah ini terdapat beberapa pernyataan masalah pribadi yang sangat tinggi, yaitu :
1)   Kurang memahami cara-cara membuat makalah, dengan jumlah presentase  103%
2)   Merasa kurang senang terhadap pelajaran tertentu, dengan jumlah presentase 98%
3)   Kurang mengatur waktu untuk belajar, dengan jumlah presentase 71%



DATA KELOMPOK
PERSENTASE HASIL KEBUTUHAN ASSESMENT SISWA

Nama Sekolah                :         SMP Negeri 1 Bolango Utara
Kelas                     :         VIII
Jumlah Siswa       :         40 Orang



Dibawah ini terdapat beberapa pernyataan masalah pribadi yang sangat tinggi, yaitu :
1)   Merasa kurang memahami keterampilan apa yang harus saya kuasai untuk pekerjaan yang saya masuki, dengan jumlah presentase 84%
2)   Belum memiliki wawasan tentang prospek lapangan kerja dimasa depan 81%
3)   Merasa cemas untuk mendapatkan pekerjaan dalam suasana kompetetif  (banyak saingan), dengan jumlah presentase 58%

MASALAH PRIBADI
1.  Masalah pribadi siswa yang sering sakit kepala
a.  Topic permasalahan/bahasan   : cara mengatasi sters
b.  Bidang bimbingan                       : pengembangan pribadi
c.  Jenis layanan                              : informasi
d.  Fungsi  layanan                          : pencegahan dan pengentasan


2.   Masalah pribadi siswa yang punya keinginan (cita-cita) yang kurang sesuai      dengan kemampuan
a.  Topic permasalahan/bahasan   : meningkatkan kepercayaan diri
b.  Bidang bimbingan                       : pengembangan pribadi          
c.  Jenis layanan                              : informasi
d.  Fungsi  layanan                          : pencegahan dan pemahaman

3.  Masalah pribadi siswa yang mengidap penyakit kronis
a.  Topic permasalahan/bahasan   : optimistis pada kemampuan
b.  Bidang bimbingan                       : pengembangan pribadi          
c.  Jenis layanan                              : konseling individual
d.  Fungsi  layanan                          : pemeliharaan dan pengembangan

MASALAH SOSIAL
1   Masalah pribadi siswa yang punya kawan yang perilakunya kurang baik (berperilaku buruk)
a.  Topic permasalahan/bahasan   : menerima kekurangan orang lain
b.  Bidang bimbingan                       : pengembangan sosial
c.  Jenis layanan                              : layanan mediasi
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pemahaman dan pencegahan

2   Masalah pribadi siswa yang punya merasa malu berbicara didepan orang banyak
a.  Topic permasalahan/bahasan   : mengatasi  rasa malu
b.  Bidang bimbingan                       : pengembangan sosial            
c.  Jenis layanan                              : konseling individual
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pencegahan dan pengentasan

3   Masalah pribadi siswa yang kurang dapat menyatakan pendapat
a.  Topic permasalahan/bahasan   : meningkatkan keberanian dalam diri
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan pribadi                    
c.  Jenis layanan                              : layanan bimbingan kelompok
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pegentasan

MASALAH BELAJAR
1.  Masalah pribadi siswa yang kurang memahami cara-cara membuat makalah
a.  Topic permasalahan/bahasan   : membimbing kesulitan belajar siswa
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan kegiatan belajar
c.  Jenis layanan                              : layanan bimbingan kelompok
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pengentasan


2.   Masalah pribadi siswa yang kurang senang terhadap mata pelajaran
a.  Topic permasalahan/bahasan   : meningkatkan minat belajar
b.  Bidang bimbingan                      : bidang pengembangan kegiatan belajar                  
c.  Jenis layanan                              : layanan konseling kelompok
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pengentasan

3.  Masalah pribadi siswa yang kurang dapat mengatur waktu
a.  Topic permasalahan/bahasan   : mengatur waktu belajar yang efektif
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan kegiatan belajar
c.  Jenis layanan                              : layanan bimbingan kelompok
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pencegahan


MASALAH KARIR
1   Masalah pribadi siswa yang merasa kurang memahami keterampilan apa yang harus saya kuasai untuk pekerjaan yang akan saya masuki
a.  Topic permasalahan/bahasan   : meningkatkan minat dan bakat sesuai                                     keterampilan individu
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan karir 
c.  Jenis layanan                              : penempatan dan penyaluran
d.  Fungsi  layanan                          : pemeliharaan dan pengembagan
     
2.   Masalah pribadi siswa yang belum memiliki wawasan tentang prospek lapangan kerja dimasa depan
a.  Topic permasalahan/bahasan   :         meningkatkan pemahaman tentang lapangan kerja
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan karir 
c.  Jenis layanan                              : layanan informasi
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pemahaman

3.  Masalah pribadi siswa yang merasa cemas untuk mendapatkan pekerjaan dalam suasana  yang kompetitif (banyak saingan)
a.  Topic permasalahan/bahasan   : meningkatakan rasa optimis
b.  Bidang bimbingan                       : bidang pengembangan karir 
c.  Jenis layanan                              : layanan penguasaan konten
d.  Fungsi  layanan                          : fungsi pegentasan


   
ARTIKEL MASALAH PRIBADI
1.   Cara Mengatasi Stres
Stres masalah yang paling sering dialami setiap orang, pada dasarnya stres ini adalah bentuk pendewasaan diri karena dihadapkan dengan berbagai masalah yang terjadi pada diri kita. Jika dapat menyelesaikan masalah tersebut maka bisa mendapatkan sebuah pembelajaran untuk dapat menilai sejauh mana kita memahami diri kita dalam penyelesaian masalah.
Cara menghilangkan stres, yaitu :
a)     Menyelesaikan masalah dengan keadaan jernih dan jangan lupa untuk selalu bersyukur dengan apa yang tuhan berikan kepada kita. Dan selalu berpasrah diri kepada tuhan mengenai semua masalah yang ada agar diberikan jalan terbaik dalam mengambil sikap.
b)     Jangan selalu menganggap serius semua persoalan yang ada, tapi buatlah santai tapi tegas. Usahakan untuk tersenyum dan terkadang buatlah suasana bercanda agar kepenatan itu hilang.
c)     Sholat malam juga dapat menjadi solusi utama dalam menghindari stress. Luangkan waktu untuk sholat malam dan jangan lupa berdo’a dan ingat selalu pada tuhan yang menciptakan kita yang memberikan kehidupan kepada kita agar kita dapat selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan kepada kita. Walaupun semua pemberiannya tidak selalu baik dimata kita tapi kita dapat mengambil hikmahnya. Dan pasti semua oraang mempunyai kelebihan masing-masing dan mempunyai kekuraangan masing-masing yang ada.
d)     Jika anda terpaksa berada dalam kondisi yang dapat membuat anda emosi dan marah sebaiknya anda diam, mengatur nafas daripada anda berbicara dalam keadaan emosi. Ingat, kondisi emosi akan membuat lidah bergerak lebih cepat dari otak sehingga memungkinkan anda berbicara diluar kontrol dan menambah masalah-masalah baru disekitar anda yang pada akhirnya akan menambah beban stress anda.
e)     Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan.
f)      Rendah hatilah dan jujurlah pada diri anda sendiri agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah anda lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
g)     Istirahat yang cukup jangan sampai ada kekurangan tidur karena dengan tidur yang cukup akan membantu anda merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan Anda dan tanggung jawab. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif dalam menganalisa sebuah masalah.
h)    Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby anda seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan anda dan memberi suasana hati yang kondusif.
i)      Milikilah pandangan positif terhadap diri anda dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif
j)      Cobalah jangan sampai mengganggu kehidupan orang lain apalagi sampai merugikan orang tersebut. Tapi usahakan semua orang dapat senang saat anda hadir dikehidupannya.
Inti dari mengatasi stres ialah mengambil alih: mengambil alih pikiran anda, emosi anda, jadual anda, lingkungan anda, dan cara anda mengatasi masalah. Tujuan utamanya ialah kehidupan yang seimbang, memiliki waktu untuk kerja, hubungan dengan sesama, relaksasi, dan kesenangan, dan juga ketahanan untuk menahan tekanan dan memenuhi tantangan.
2.   Meningkatkan Kepercayaan Diri
Merasa tidak yakin dalam diri dapat menghambat kita dalam mewujudkan impian dan harapan kit, tentu setiap orang memiliki keinginan untuk hidupnya baik masa sekarang atau di masa yang akan datang, kepercayaan diri juga salah satu faktor penentu keinginan harapan itu nantinya.
Cara meningtakan kepercayaan diri :
Semua manusia sama yang membedakannya adalah kemampuan yang dimilikinya, kepercayaan diri tiap orang berbeda-beda, jika ingin menjadi sosok orang yang percaya diri, maka kenali terlebih dahulu kemampuan kamu agar dapat menutupi kekuranganmu, menjadi diri sendiri jauh lebih baik dibanding mengikuti orang lain secara keseluruhan. Menerima diri apa adanya, berbaur dengan orang-orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, serta tidak lupa mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan kamu tentang hidup dan kehidupan. Rubah cara berpikir yang selalu pesemis dan dekonstruktif menilai diri. Pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin

3.   Optimis pada Kemampuan Diri

Sekarang ini banyak tekanan hidup yang harus dialami seseorang membuat kebanyakan orang mengalami sters salah satunya ketika seseorang mengetahui bahwa ia mengidap penyakit kronis. Hal ini dapat membuat orang frustrasi dan berpandangan pesimistis tentang keadaan dirinya. Optimisme terhadap diri akan merubah pandangan tentang penyakit kronis yang kita derita tersebut. Sifat pesimistis lawan dari optimistis, pesimis akan membat orang berada dalam kegagalan karena tidak ada keberanian, tidak memiliki motivasi, dan seglanya, menganggap diri tidak mampu dalam melakukan segala padahal dia dapat melakukannya. Optimis akan membawa pada manfaat mempercayai kemampuan, berusaha untuk tetap tenang dan dapat melakukan sesuatu dengan hasil kemampuan sendiri meskipun memiliki kekurangan dari segi kesehatan (penyakit kronis). Jangan menyerah dengan keadaan yang ada, walaupun kita memiliki keterbatasan baik dalam segi kesehatan janganlah berfikir itu merupakan kendala kita untuk mencapai cita-cita, tetap optimis meraih cita-cita.

ARTIKEL MASALAH SOSIAL

1.   Menerima Kekurangan Orang Lain
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering berinteraksi dengan orang lain, kita selalu menjumpai orang baik dan orang jahat. Dalam pergaulan individu adanya suka dan tidak suka terhadap orang lain, itu faktor sifat individu yang menghambat sehingga pergaulan terasa kurang menyenangkan, akan adanya konflik dan pertentangan kedua pihak.
Sebagai konselor kita mediasi pihak-pihak yang berkait, sehingga mereka dapat mengungkapkn masalah yang tidak mengalami kecocokan agar tercapainya kondisi hubungan yang positif dan kondusif diantar para individu.

2.   Mengatasi Rasa Malu
Dalam hal mengatasi  rasa malu tidak harus memaksakan untuk cepat memiliki kepercayaan diri. Hal ini juga akan menghambat proses belajar, bersosial dengan orang lain, dan karir setiap individu. Buat apa malu jika yang dilakukan itu adalah hal yang benar dan tidak merugikan orang lain. Janganlah merasa kita banyak kekurangan Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan. Beranikan diri untuk mengungkapkan, jangan takut salah. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

3.   Meningkatkan Keberanian Dalam Diri
Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang dituntut untuk dikuasai siswa agar kecakapan berbicara di masa yang akan datang lebih baik. Kemempuan dalam diri bukan hanya unutk belajar, namum untuk semua hal perlu keberanian, mengambil keputusan perlu keberanian, sikap yang menjadi  ciri khas perlu keberanian, Salah satu ketrampilan berbicara terdapat dalam kemampuan dasar diskusi yang diajarkan dalam berbagai jenjang pendidikan.
Orang yang memiliki keberanian tentu mampu mengungkapkan apa yang diketahuinya, lebih aktif dalam sebuah kelompok, ikut ambil andil dalam berbagai hal, namun sebaliknya pada orang yang tidak memiliki keberanian maka cenderung tertutup dan pasif.